Bagaimana masa depan perilaku anak aceh sekarang?

Posted: Juli 17, 2008 in Indonesia

Bagaimana dampak dari masa darurat sipil di Nanggroe Aceh Darussalam ? Anak-anak di bawah umur yang selalu melihat baku tembak antara aparat keamanan pemerintah RI dengan GAM. Hal tersebut membuat mereka tidak asing melihat tembak-menembak. Bahkan, waktu gw ke aceh (pulang kampung) gw ngeliat permainan anak-anak yang sedang marak bukan lagi main cing benteng, petak umpet, main bola atau apalah. Kenyataannya yang marak dimainkan permainan perang-perangan. Bahkan, anak usia 4 tahun pun udah hapal dengan berbagai jenis senjata [edan–gw aja yang usianya dah kepala 2 ga hafaL].

Perilaku anak-anak itu hampir terjadi diseluruh anak-anak di Aceh. Itu baru dampak pertama yang terjadi. Belum lagi dendam yang muncul pada anak-anak ini ketika melihat orang tuanya  meninggal karena terkena peluru nyasar akibat  baku tembak antara  aparat pemerintah dengan GAM.

Waktu gw pulang ke sana,, gw denger sendiri cerita dari saudara gw yang suaminya lagi di sawah pagi-pagi, trus tiba-tiba ketembak akibat peluru nyasar, entah itu peluru dari pihak mana. Gw ga kebayang bagaimana nyokapnya menjelaskan kejadian itu sama anaknya ketika anaknya mulai dewasa.

Akan bagaimana masa depan aceh nanti?

Apapun yang orang katakan tentang aceh,, gw tetep sayang ama aceh dengan segala isinya.

Komentar
  1. ksemar mengatakan:

    Akan bagaimana masa depan aceh nanti?

    Apapun yang orang katakan tentang aceh,, gw tetep sayang ama aceh dengan segala isinya.

    Ya saya sangat setuju. Saya saja yang bukan orang aceh suka dengan aceh. Terlepas dari soal konflik, yang saya tau hanya di Aceh yang tidak banyak preman, baik di jalan maupun di pasar

  2. muhammad mengatakan:

    Masa depan aceh ya gimana perilaku orangnya. Kalau orangnya banyak yang penipu, pemalas, tidak disiplin dan munafik ya mungkin suramlah. Apalagi kalau bisanya cuma menghina suku lain dan tidak mengakui kelemahan diri sendiri. Saya tidak melihat perubahan signifikan pada perilaku masyarakatnya pasca tsunami. Syariat islamnya gak jelas, korupsi merajalela. Suram buram…

    Lihat kaltim dan yogyakata mereka semakin maju

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s