TUgas P2teL – 1

Posted: September 2, 2008 in Pengembangan Produk

1. Other definition of product

Answers

· Dalam pemasaran, produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen

· Dalam manajemen produk, produk adalah barang dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen

2. Product development à why? Give examples

Answers

Kenapa perlu adanya pengembangan produk, hal ini salah satu strategi untuk memperpanjang daur hidup produk (life cycle product) sehingga produk tidak mengalami tahap decline. Pengembangan produk ini diperlukan jika produk sudah memasuki tahap maturity yaitu, dimana produk perusahaan mengalami titik jenuh, ditandai dengan tidak terjadi penambahan konsumen sehingga angka penjualan tetap di titik tertentu. Jika produk sudah mencapai tahap ini, dan perusahaan tidak segera melakukan strategi untuk menarik perhatian konsumen dan para pedagang. Hal ini akan mengakibatkan keuntungan yang diperoleh semakin menurun serta penjualan yang cenderung turun.

Contoh strategi pengembangan produk :

Memodifikasi produk agar tampil baru dan segar baik dari segi isi, kemasan, takaran, ukuran, manfaat, dan lain sebagainya. Contoh misal seperti produk unilever yang biasanya terus menerus mengganti isi pepsodent beserta kemasannya agar selalu tampil baru dan segar.

Mencari fungsi lain produk dari biasanya. Contoh seperti teh tidak hanya untuk ngeteh saja tapi dapat dibuat kreasi menjadi minuman yang lebih kompleks.

Memakai strategi product lining, product lining adalah strategi pemasran untuk menjual beberapa jenis produk (menjual terpisah beberapa produk yang saling berkaitan). Satu lini produk bisa terdiri dari beberapa produk dengan berbagai variasi ukuran, tipe warna, kualitas, atau harga. Hal ini sangat menguntungkan dalam melakukan promosi yaitu penamaan citra positif yang merupakan promosi dapat menggunakan citra positif salah satu jenis produk dalam satu lini yang memiliki kualitas tertinggi dibandingkan dengan produk lain dalam satu lini. Dampak positif yang terjadi akan mempengaruhi seluruh lini produk. Contoh : toko serba lima ribu

3. Choose one product and analyze it’s life cycle stages(s)

Answers

Product : Flashdisk dengan kapasitas 128 megabyte

Saat ini falshdisk dengan kapasitas 128 Megabyte (merk apapun) telah masuk di tahap decline. Hal ini dikarenakan kemajuan teknologi dari waktu ke waktu semakin meningkat hal ini juga diikuti dengan kebutuhan pasar yang selalu meningkat. Saat ini jika orang akan membeli flashdisk mungkin akan mematok untuk membeli flashdisk minimal mempunyai kapasitas 2 Gigabyte. Hal ini membuat harga flashdisk dengan kapasitas 128 Megabyte menjadi sangat jatuh (turun) sangat drastis, bila dibandingkan dengan harga saat flashdisk tersebut masih berada pada tahap growth. Bahkan banyak toko elektronik yang sudah tidak menjual dan menyediakan flashdisk dengan kapasitas 128 Megabyte, hal ini disebabkan tidak adanya minat dari konsumen. Dan membuat para penjual tidak mendapatkan keuntungan jika produk tersebut masih dijual di tokonya, bahkan akan membuat penjual mengalami kerugian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s