Siklus hidup suatu produk yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu : introduce, growth, maturity dan decline.
1) Tahap Introduce aLias Perkenalan
Pada tahap introduce ini produk baru lahir dan belum ada target konsumen yang tahu sehingga dibutuhkan pengenalan produk dengan berbagai cara kepada target pasar dengan berbagai cara.
2) Tahap Growth aLias Pertumbuhan
Ketika berada pada tahap growth ini, konsumen mulai mengenal produk yang perusahaan produksi dengan jumlah penjualan dan laba yang meningkat pesat dibarengi dengan promosi yang kuat. Hal ini akan menyebabkan semakin banyak penjual dan distributor yang turut terlibat dengan tujuan untuk mengambil keuntungan dari meningkatnya permintaan pasar terhadap produk perusahaan tersebut.
3) Tahap Maturity aLias Kedewasaan
Di tahap maturity ini produk perusahaan mengalami titik jenuh hal tersebut ditandai dengan tidak terjadi penambahan konsumen yang ada sehingga angka penjualan tetap di titik tertentu. Jika produk sudah mencapai tahap ini, dan perusahaan tidak segera melakukan strategi untuk menarik perhatian konsumen dan para pedagang. Hal ini akan mengakibatkan keuntungan yang diperoleh semakin menurun serta penjualan yang cenderung turun.
4) Tahap DecLine aLias Penurunan
Pada tahap decline produk perusahaan mulai ditinggalkan konsumen untuk beralih ke produk lain karena produk tersebut sudah tidak memenuhi kebutuhan konsumen atau ada produk lain yang lebih bagus baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Hal ini akan mengakibatkan jumlah penjualan dan keuntungan yang diperoleh produsen dan pedagang akan menurun drastis atau perlahan tapi pasti dan akhirnya mati.
Jika dilihat dari berbagai definisi tahapan dalam siklus tersebut, dapat dikatakan bahwa produk elektronik biasanya mempunyai siklus hidup yang cepat mengalami tahap decline, hal ini disebabkan karena kemajuan teknologi yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Contoh, flashdisk dengan kapasitas 128 mbyte, pasti saat ini sudah mengalami tahap decline. Sekarang orang jika ingin berniat membeli flashdisk mungkin akan mematok untuk membeli flashdisk minimal dengan kapasitas 2 Gigabyte. Bahkan toko-toko elektronik dan komputer sudah tidak mnyediakan lagi flashdisk dengan kapasitas 128 Megabyte. Sedangkan produk yang mempunyai daur hidup agak lama untuk mencapai tahap decline adalah makanan dan minuman (tergantung jenis makanan dan minumannya Lho!!). Contoh nasi, saya berani menjamin bahwa 10 tahun mendatang pasti bangsa Indonesia masih setia untuk makan nasi. Contoh lainnya aqua, sejak berdirinya aqua sampai sekarang (puluhan tahun) tetap memimpin pasar dan masih ada di tahap growth. Mungkin jika suatu saat air jernih menjadi langka di Indonesia,, pasti produk aqua semakin laku di pasaran.
Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini :
LUMAN BAGUS DAN KREATIF, YA KLO JDUL TUGAS AHIR MEMAN SUSAH2 GAMPANG KENAPA BEGITU KRENA QTA TINGGAL 60% UNTUK MLANGKAH KEDEPAN
y rumayan bagis???
masak iya sih
Assalamu ‘alakum Emba yang cantik saya mohon maaf mungkin ini, saya ingin tanya tentang Life Cycle tapi bukan penjelasannya tapi gamba-gambarnya. Demikian atas perhatiannya terimakasih.
Malang
–> muhammad amir
mengenai gambarnya bisa dilihat diatas,, maaf kemaren blum sempet upload gambarnya….
tlg infonya ttg tahapan produk life cycle dari segi salles,cost,benefit/profit,customers,dan competitor
–> isna
maaf ya baru ngurusin blog lagi,, kemaren sibuk ngejar detlen skripsi :D.
untuk sales, cost, profit bisa terlihat dari gambar grafik yang terdiri dari 3 grafik..
untuk customer dan kompetitor sudah tersirat dalam penjelasan siklus hidup produk di atas seperti pada tahap decline, pada tahap tersebut tingkat kompetitor semakin tinggi karena kompetitor kita lebih bisa memenuhi kebutuhan kastemer sesuai dengan keinginan kastemer,, hal ini menyebebkan adanya penurunan jumlah kastemer dan terlihat dari adanya penurunan pendapatan…
mbak mu tnya ni ap sih pengrtian Prodact Life Cycle itu? mf ya mbak tlg mnta iinf
infony yaw,mksh sblmny!”””””””””””
aku pusing cari apa pengertiannya PLC (Prodact Life Cycle) itu ap sih tlong y
mkasih
-> aline aisyie
PLC (product Life cycle) adalah siklus hidup suatu produk yang umumnya terdiri dari 4 tahapan yang sudah dijelaskan di atas,,, klo diliat dari pengertian diatas PLC ini cocok untuk produk tidak untuk jasa,,, *Semoga dapat membantu*
nice! thanks ilmunya.. gi search buat ujian besok negh.. Mohon doa kalau gt ya! 🙂
Salam kenal.
semoga sukseees,,,, 🙂
tolong berikan studi kasus tentang PLC..yang mencakup contoh produk serta strategi pemasaran pada masing2 tahapannya
boss,, ini masih peer gw yaa,,, ntar tak kabarin lagi,, baru aktifin blog lagi ni..:D
nakasih buanyak buat tulisannya ya…. membantu saya dalam menyelesaikan tugas…
thank you..thank you…
ur welcome 🙂
mbak, mw tanya neh..
gimana kaitan produk life cycle dengan Manajemen Pemasaran?
tolong ya mbak..
‘makasih..
waah maaf ya baru di-reply
tapi akan mencoba untuk menjawab…
kaitan dengan manajemen pemasaran untuk menghindari qt masuk ke tahap decline alias penurunan.
peran pemasaran pada tiap2 tahap berbeda,, contoh pada tahap perkenalan fungsinya untuk menaikkan pertumbuhan produk qt dg kata lain pada tahap ini pemasaran dapat membuat qt lebih cepat masuk ke tahap pertumbuhan.
nah klo qt dah masuk pada tahap decline,, pemasaran fungsinya agar qt bisa masuk kembali ke tahap perkenalan dg mengimprove produk qt ato melakukan promosi tertentu
semoga bermanfaat
mbak, apa aja ce kelebihan dan kelemahan dari keputusan product lifecycle??
kelemahannya ya bisa membuat qt cepat memasuki tahap decline
klo kelebihannya sebalikya qt bisa bertahan lama di tahap growth
tahap stabilnya apa yaa??
tahap stabil kemungkinannya kecil krn klo qt stabil qt akan segera masuk tahap penurunan,,,
kenapa begitu? krn kompetitor qt terus bergerak untuk tumbuh menjadi lebih baik
alo kk ummi, apakah bnar bahwa PLC tidak bisa diterapkan di jasa?seperti yang dikatakn oleh kk, setau saia produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan pada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan pelanggan. segala sesuatu dapat berwujud/barang, jasa, event, organisasi yang intinya dapat dirasakan oleh pelangganya baik intangible maupun tangible, mnurt saia PLC dpat diterapkan di jasa,, eheheheh just opinion,, ^^
bolleh juga,,, thanks for info,,
semoga menjadi bermanfaat untuk pembaca lainnya,,
Maau tnya nih mba….
klo contoh barang PLC itu sendiri apa aja…????
PLC bukan suatu jenis barang tapi merupakan siklus suatu produk
[…] SikLus hidup Produk […]
Singkat padat dan jelas gampang di mengerti,, klo bisa lebih banyak lagi penjelasanya mengenai marketing at promotion mix
ur welcome,,,
yyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyaaa thanks for ilmunya
sama2,,,,,,
makasih mbak,ilmunya saya ambil untuk makalah tugas manajemen operasional saya
semoga bermanfaat
Thank’s gan….postingan.y sngat membantu… ^_^
ur welcome gan
oke mantap ana dapat juga tugasku
sippp
aku pamit mau copy buat tugas yaaaaaaaaa
silahkaaan,,
perkenalan pertama awal dri promosi,inovasi,pas, dan branded(merek nama).
melakukan kreasi yg di miliki wirausaha
mbak, saiya mau tanya contoh dari produk life cycle apa aja,, thx
Menurut saya hampir semua barang yg disekitar qt punya siklusnya… contoh handphone . Cmiiw
Ini udah jawaban buat ujian ku besok. makasih ya. 😀
Semoga bermanfaat yaa