SikLus hidup Produk [Product Life cycLe]

Posted: Agustus 28, 2008 in Marketing, Pengembangan Produk, Teknik Industri

Siklus hidup suatu produk yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu : introduce, growth, maturity dan decline.

1) Tahap Introduce aLias Perkenalan

Pada tahap introduce ini produk baru lahir dan belum ada target konsumen yang tahu sehingga dibutuhkan pengenalan produk dengan berbagai cara kepada target pasar dengan berbagai cara.

2) Tahap Growth aLias Pertumbuhan

Ketika berada pada tahap growth ini, konsumen mulai mengenal produk yang perusahaan produksi dengan jumlah penjualan dan laba yang meningkat pesat dibarengi dengan promosi yang kuat. Hal ini akan menyebabkan semakin banyak penjual dan distributor yang turut terlibat dengan tujuan untuk mengambil keuntungan dari meningkatnya permintaan pasar terhadap produk perusahaan tersebut.

3) Tahap Maturity aLias Kedewasaan

Di tahap maturity ini produk perusahaan mengalami titik jenuh hal tersebut ditandai dengan tidak terjadi penambahan konsumen yang ada sehingga angka penjualan tetap di titik tertentu. Jika produk sudah mencapai tahap ini, dan perusahaan tidak segera melakukan strategi untuk menarik perhatian konsumen dan para pedagang. Hal ini akan mengakibatkan keuntungan yang diperoleh semakin menurun serta penjualan yang cenderung turun.

4) Tahap DecLine aLias Penurunan

Pada tahap decline produk perusahaan mulai ditinggalkan konsumen untuk beralih ke produk lain karena produk tersebut sudah tidak memenuhi kebutuhan konsumen atau ada produk lain yang lebih bagus baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Hal ini akan mengakibatkan jumlah penjualan dan keuntungan yang diperoleh produsen dan pedagang akan menurun drastis atau perlahan tapi pasti dan akhirnya mati.

Jika dilihat dari berbagai definisi tahapan dalam siklus tersebut, dapat dikatakan bahwa produk elektronik biasanya mempunyai siklus hidup yang cepat mengalami tahap decline, hal ini disebabkan karena kemajuan teknologi yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Contoh, flashdisk dengan kapasitas 128 mbyte, pasti saat ini sudah mengalami tahap decline. Sekarang orang jika ingin berniat membeli flashdisk mungkin akan mematok untuk membeli flashdisk minimal dengan kapasitas 2 Gigabyte. Bahkan toko-toko elektronik dan komputer sudah tidak mnyediakan lagi flashdisk dengan kapasitas 128 Megabyte. Sedangkan produk yang mempunyai daur hidup agak lama untuk mencapai tahap decline adalah makanan dan minuman (tergantung jenis makanan dan minumannya Lho!!). Contoh nasi, saya berani menjamin bahwa 10 tahun mendatang pasti bangsa Indonesia masih setia untuk makan nasi. Contoh lainnya aqua, sejak berdirinya aqua sampai sekarang (puluhan tahun) tetap memimpin pasar dan masih ada di tahap growth. Mungkin jika suatu saat air jernih menjadi langka di Indonesia,, pasti produk aqua semakin laku di pasaran.

Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

PLC

PLC

Komentar
  1. ABDUL berkata:

    LUMAN BAGUS DAN KREATIF, YA KLO JDUL TUGAS AHIR MEMAN SUSAH2 GAMPANG KENAPA BEGITU KRENA QTA TINGGAL 60% UNTUK MLANGKAH KEDEPAN

  2. ari berkata:

    y rumayan bagis???

  3. MUHAMMAD AMIR berkata:

    Assalamu ‘alakum Emba yang cantik saya mohon maaf mungkin ini, saya ingin tanya tentang Life Cycle tapi bukan penjelasannya tapi gamba-gambarnya. Demikian atas perhatiannya terimakasih.
    Malang

  4. abume berkata:

    –> muhammad amir
    mengenai gambarnya bisa dilihat diatas,, maaf kemaren blum sempet upload gambarnya….

  5. isna berkata:

    tlg infonya ttg tahapan produk life cycle dari segi salles,cost,benefit/profit,customers,dan competitor

    • abume berkata:

      –> isna
      maaf ya baru ngurusin blog lagi,, kemaren sibuk ngejar detlen skripsi :D.
      untuk sales, cost, profit bisa terlihat dari gambar grafik yang terdiri dari 3 grafik..
      untuk customer dan kompetitor sudah tersirat dalam penjelasan siklus hidup produk di atas seperti pada tahap decline, pada tahap tersebut tingkat kompetitor semakin tinggi karena kompetitor kita lebih bisa memenuhi kebutuhan kastemer sesuai dengan keinginan kastemer,, hal ini menyebebkan adanya penurunan jumlah kastemer dan terlihat dari adanya penurunan pendapatan…

  6. aline aisyie berkata:

    mbak mu tnya ni ap sih pengrtian Prodact Life Cycle itu? mf ya mbak tlg mnta iinf
    infony yaw,mksh sblmny!”””””””””””

  7. aline aisyie berkata:

    aku pusing cari apa pengertiannya PLC (Prodact Life Cycle) itu ap sih tlong y
    mkasih

  8. abume berkata:

    -> aline aisyie
    PLC (product Life cycle) adalah siklus hidup suatu produk yang umumnya terdiri dari 4 tahapan yang sudah dijelaskan di atas,,, klo diliat dari pengertian diatas PLC ini cocok untuk produk tidak untuk jasa,,, *Semoga dapat membantu*

  9. Gandhi berkata:

    nice! thanks ilmunya.. gi search buat ujian besok negh.. Mohon doa kalau gt ya! 🙂

    Salam kenal.

  10. andi berkata:

    tolong berikan studi kasus tentang PLC..yang mencakup contoh produk serta strategi pemasaran pada masing2 tahapannya

  11. ibnu Nurdiasnyah berkata:

    nakasih buanyak buat tulisannya ya…. membantu saya dalam menyelesaikan tugas…
    thank you..thank you…

  12. DEASY SAGALA berkata:

    mbak, mw tanya neh..
    gimana kaitan produk life cycle dengan Manajemen Pemasaran?
    tolong ya mbak..
    ‘makasih..

    • abume berkata:

      waah maaf ya baru di-reply
      tapi akan mencoba untuk menjawab…
      kaitan dengan manajemen pemasaran untuk menghindari qt masuk ke tahap decline alias penurunan.
      peran pemasaran pada tiap2 tahap berbeda,, contoh pada tahap perkenalan fungsinya untuk menaikkan pertumbuhan produk qt dg kata lain pada tahap ini pemasaran dapat membuat qt lebih cepat masuk ke tahap pertumbuhan.
      nah klo qt dah masuk pada tahap decline,, pemasaran fungsinya agar qt bisa masuk kembali ke tahap perkenalan dg mengimprove produk qt ato melakukan promosi tertentu

      semoga bermanfaat

  13. maei berkata:

    mbak, apa aja ce kelebihan dan kelemahan dari keputusan product lifecycle??

    • abume berkata:

      kelemahannya ya bisa membuat qt cepat memasuki tahap decline
      klo kelebihannya sebalikya qt bisa bertahan lama di tahap growth

  14. Maykizzz berkata:

    tahap stabilnya apa yaa??

    • abume berkata:

      tahap stabil kemungkinannya kecil krn klo qt stabil qt akan segera masuk tahap penurunan,,,
      kenapa begitu? krn kompetitor qt terus bergerak untuk tumbuh menjadi lebih baik

  15. apras berkata:

    alo kk ummi, apakah bnar bahwa PLC tidak bisa diterapkan di jasa?seperti yang dikatakn oleh kk, setau saia produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan pada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan pelanggan. segala sesuatu dapat berwujud/barang, jasa, event, organisasi yang intinya dapat dirasakan oleh pelangganya baik intangible maupun tangible, mnurt saia PLC dpat diterapkan di jasa,, eheheheh just opinion,, ^^

  16. Ravi berkata:

    Maau tnya nih mba….

    klo contoh barang PLC itu sendiri apa aja…????

  17. Helmy dj berkata:

    Singkat padat dan jelas gampang di mengerti,, klo bisa lebih banyak lagi penjelasanya mengenai marketing at promotion mix

  18. fachry berkata:

    yyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyaaa thanks for ilmunya

  19. citra ainur riza berkata:

    makasih mbak,ilmunya saya ambil untuk makalah tugas manajemen operasional saya

  20. Ghafarz Project berkata:

    Thank’s gan….postingan.y sngat membantu… ^_^

  21. mujy berkata:

    oke mantap ana dapat juga tugasku

  22. mujy berkata:

    aku pamit mau copy buat tugas yaaaaaaaaa

  23. adi action berkata:

    perkenalan pertama awal dri promosi,inovasi,pas, dan branded(merek nama).
    melakukan kreasi yg di miliki wirausaha

  24. yensen berkata:

    mbak, saiya mau tanya contoh dari produk life cycle apa aja,, thx

  25. Warior berkata:

    Ini udah jawaban buat ujian ku besok. makasih ya. 😀

Tinggalkan Balasan ke mujy Batalkan balasan